KOMPARASI HASIL BELAJAR KIMIA SISWA ANTARA PENGGUNAAN MEDIA MACROMEDIA FLASH DAN MICROSOFT POWER POINT DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 1 TUALANG KABUPATEN SIAK
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilaksanakan bertujuan untuk mengetahui adakah perbedaan hasil belajar kimia siswa kelas X5 dan kelas X10 semester II di SMA N 1 Tualang pada pokok bahasan Hidrokarbonantarapenggunaan mediaMacromedia Flash dan media Microsoft Powerpoint. Bentuk penelitian ini adalah eksperimen komparasi yaitu bentuk penelitian yang menggunakan dua kelas eksperimen perbandingan yang menentukan adanya perbandingan dua variabel, media Microsoft Power Point dan Macromedia Flash sebagai variabel X dan hasil belajar variabel Y. Hasil belajar dapat diketahui dengan memberikan soal tes hasil belajar. Sampel terdiri dari dua kelas yaitu kelas X5 dan kelas X10 yang sebelumnya telah dilakukan uji homogenitas. Selanjutnya data hasil pengamatan dan penelitian hasil belajar diuji dengan menggunakan rumus t-test komparasi yang berkorelasi. Hasil pengolahan data diperoleh thit = 3,67 > ttabel = 2,00, ini berarti Ha diterima dan Ho ditolak. Sehingga terdapat perbedaan hasil belajar yang signifikan antara variabel media belajar dengan hasil belajar kimia pada pokok bahasan hidrokarbon di kelas X5 dan kelas X10 SMA Negeri 1 Tualang dengan perolehan rata-rata hasil belajar kimia siswa kelas X5 sebesar 80,1 menggunakan media Microsoft Power Point sedangkan kelas X10 sebesar 86,61 menggunakan media Macromedia Flash . Kata kunci : Hasil Belajar, Macromedia Flash, Microsoft Power Point dan Hidrokarbon