Daftar Isi:
  • Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh pembelajaran kooperatif tipe Number Head Together (NHT) menggunakan media kartu pintar dan kartu soal terhadap hasil belajar siswa di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Tambusai Utara Kabupaten Rokan Hulu. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 1 Tambusai Utara tahun pelajaran 2015/2016. Teknik pengambilan sampel yang di gunakan adalah simple random sampling. Sebagai sampel di ambil 2 kelas yaitu kelas X1 sebagai kelas kontrol dan X3 sebagai kelas eksperimen. Data hasil belajar siswa di peroleh dengan menggunakan metode tes, yang di analisis menggunakan uji t untuk melihat pengaruh penerapan model pembelajaran terhadap hasil belajar siswa pada taraf signifikansi α = 0.05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran Number Head Together menggunakan kartu pintar dan kartu soal berpengaruh terhadap hasil belajar siswa dengan pengaruh sebesar 12%. Kata kunci: Number Head Together, Kartu Pintar, Kartu Soal, Hasil Belajar