Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterampilan guru mengadakan variasi mengajar, minat belajar siswa serta ada atau tidaknya pengaruh keterampilan guru mengadakan variasi mengajar terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran Fikih di Madrasah Tsanawiyah Pondok Pesantren Darel Hikmah Kecamatan Tampan Kota Pekanbaru. Subjek dalam penelitian ini adalah guru Fikih dan siswa. Sedangkan objek dalam penelitian ini adalah pengaruh keterampilan guru mengadakan variasi mengajar terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran Fikih di Madrasah Tsanawiyah Pondok Pesantren Darel Hikmah Kecamatan Tampan Kota Pekanbaru. Populasi pada penelitian ini yakni empat orang guru Fikih dan seluruh siswa kelas VII di Madrasah Tsanawiyah Pondok Pesantren Darel Hikmah Kecamatan Tampan Kota Pekanbaru yang berjumlah 400 siswa. Sampel dalam penelitian ini diambil dengan teknik purposive sampling, yaitu pengambilan sampel berdasarkan pertimbangan-pertimbangan tertentu. Peneliti mengambil sampel 20% dari 400 siswa, sehingga jumlah sampel sebanyak 80 siswa. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, angket dan wawancara. Sedangkan analisis data yang digunakan adalah menggunakan rumus korelasi koefisien kontingensi. C=