PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) BERBASIS PENDEKATAN OPEN ENDED UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA DI PEKANBARU
Daftar Isi:
- Penelitian ini didasarkan pada permasalahan rendahnya kemampuan pemecahan masalah matematika siswa dan masih terbatasnya bahan ajar yang digunakan saat proses pembelajaran. Sebagai alternatif dari permasalahan tersebut dilakukan penelitian dengan mengembangkan sebuah bahan ajar berupa Lembar Kerja Siswa (LKS) berbasis pendekatan open ended dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan LKS berbasis pendekatan open ended yang valid dan praktis serta untuk mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa setelah menggunakan LKS. Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation dan Evaluation). Penelitian ini dilakukan di Sekolah Menengah Pertama Negeri 32 Pekanbaru. Subjek penelitian ini adalah kelas VII-5 dan objek penelitian ini adalah LKS berbasis pendekatan open ended. Jenis data berupa data kuantitatif dan kualitatif. Instrumen pengumpulan data berupa angket dan soal tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kuantitatif dan analisis deskriptif kualitatif. Berdasarkan uji validitas, LKS berbasis pendekatan open ended dinyatakan kategori sangat valid dengan persentase tingkat kevalidan 85,1%. Berdasarkan uji praktikalitas, LKS berbasis pendekatan open ended dinyatakan kategori sangat praktis dengan persentase tingkat kepraktisan 82,7%. Dari hasil tersebut mengidentifikasi bahwa LKS yang dikembangkan layak dan praktis. Berdasarkan tes kemampuan pemecahan masalah matematika, LKS berbasis pendekatan open ended sudah memfasilitasi kemampuan pemecahan masalah matematika dengan persentase tingkat penguasaan yaitu 81,3% dinyatakan kategori tinggi. Kata Kunci: Lembar Kerja Siswa (LKS), Pendekatan Open Ended, Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika.