Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya kemampuan komunikasi matematis siswa dan belum dilaksanakannya model Think Pair Share di SMP Negeri 4 Tambang. Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki ada tidaknya perbedaan kemampuaan komunikasi matematis antara siswa yang mengikuti pembelajaran Think Pair Share dengan siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional yang ditinjau dari motivasi belajar siswa SMP Negeri 4 Tambang. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen yang bertujuan untuk menyelidiki hubungan sebab akibat dengan cara memberikan perlakuan pada salah satu kelas dan membandingkan hasilnya dengan salah satu kelas yang diberikan perlakuan yang berbeda. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII-G dan kelas VIII-E SMP Negeri 4 Tambang dan objek penelitian ini adalah pengaruh penerapan model pembelajaran Think Pair Share terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa yang ditinjau dari motivasi belajar. Teknik analisis data yang digunakan peneliti yaitu uji-t, korelasi (Product Moment), dan anova dua arah (two way anova). Instrumen yang digunakan adalah tes uraian untuk mengukur kemampuan komunikasi matematis siswa, dan angket untuk mengukur tingkat motivasi belajar siswa. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa (1) terdapat perbedaan kemampuan komunikasi matematis antara siswa menggunakan model pembelajaran Think Pair Share dengan siswa menggunakan model pembelajaran konvensional (2) terdapat perbedaan motivasi belajar siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol (3) terdapat kontribusi antara motivasi belajar dengan komunikasi metamatis (4) tidak terdapat interaksi antara model pembelajaran dan motivasi siswa terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa. dengan demikian secara umum model pembelajaran Think Pair Share berpengaruh terhadap komunikasi matematis yang ditinjau dari motivasi belajar siswa SMP Negeri 4 Tambang. Kata Kunci : Think Pair Share, Kemampuan Komunikasi Matematis, Motivasi Belajar