Daftar Isi:
  • Penelitian ini di latarbelakangi oleh pemahaman pembelajaran ekonomi belum berpengaruh maksimal terhadap minat berwirausaha siswa di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Tambang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah variabel menerjemahkan, menginterpretasikan, mengekstrapolasi mampu memberikan pengaruh terhadap minat berwirausaha siswa. Penelitian ini dilakukan di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Tambang. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI1 dan XI2 IPS. Objek penelitian adalah pengaruh pemahaman pembelajaran ekonomi terhadap minat berwirausaha siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah 117 orang siswa kelas XI IPS. Sedangkan sampel penelitian ini adalah 58 orang siswa dari kelas XI1 dan XI2. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket, test dan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan untuk menguji hipotesis dalam penelitian ini adalah regresi linear berganda. Berdasarkan hasil analisis diperoleh nilai R Square adalah 81.0%. Hal ini menunjukan bahwa persentase sumbangan pengaruh antara pemahaman pembelajaran ekonomi pada materi pengangguran terhadap minat berwirausaha siswa sebesar 81.0%, sedangkan sisanya sebesar 19.0% (100%-81.0%) dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak di masukkan dalam penelitian ini. Kata Kunci: Pemahaman pembelajaran ekonomi, minat berwirausaha siswa