PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF LEARNING CYCLE 5 E DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA TEKA-TEKI SILANG TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 2 KAMPAR
Daftar Isi:
- Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen, dengan jumlah sampel 2 kelas yaitu kelas XI IPA2 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPA3 sebagai kelas kontrol. Latar belakang dari penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada pelajaran kimia. Diperoleh data nilai ulangan harian materi koloid siswa kelas XI IPA Tahun Ajaran 2013/2014, lebih dari 50 % siswa belum mencapai ketuntasan atau mendapatkan nilai di bawah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yaitu 75. Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh model pembelajaran kooperatif Learning Cycle 5 E dengan menggunakan media teka-teki silang terhadap hasil beajar siswa di SMAN 2 Kampar, Kabupaten Kampar. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah dengan melakukan tes dan dokumentasi. Data dianalisis dengan menggunakan t-test Related Sample, diperoleh thitung = 2,35 dan ttabel = 2,00 sehingga menunjukkan thitung > ttabel. Maka Ho ditolak, dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh dari penerapan model pembelajaran kooperatif Learning Cycle 5 E dengan menggunakan media teka-teki silang terhadap hasil belajar dari ranah kognitif dengan koefisien pengaruh sebesar 9,94 %. Kata kunci :Learning Cycle 5 E, Hasil belajar, Koloid