PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM PEMBINAAN PERILAKU KEAGAMAAN SISWA DI MADRASAH ALIYAH MUHAMMADIYAH PEKANBARU
Daftar Isi:
- Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Pembinaan Perilaku Keagamaan Siswa di Madrasah Aliyah Muhammadiyah Pekanbarudan Apafaktor-faktor yang mempengaruhinya.Subjek dalam penelitian ini adalah GuruPendidikan Agama Islamdi Madrasah AliyahMuhammadiyahPekanbaru dengan populasi 3 orang dan objeknya adalah Perilaku keagamaan siswa di Madrasah Aliyah Muhammadiyah Pekanbaru.sedangkan teknik pengumpulan datanya adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. kemudian data yang terkumpul dianalisa dengan teknik deskriptif kuantitatifdengan persentase menggunakan rumus: Berdasarkan penelitian, penulis membuat kesimpulan bahwa Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Pembinaan Perilaku Keagamaan Siswa Di Madrasah Aliyah Muhammadiyah Pekanbaruadalah “ baik”terlihat indikator yang terlaksana oleh guru Pendidikan Agama Islam sebesar 69,7%terletak pada kisaran 61% s/d 80% dari seluruh indikator yang ditetapkan dari hasil observasi. Sedangkan faktor-faktor yang mempengaruhiPembinaan Perilaku Keagamaan Siswa di Madrasah Aliyah Muhammadiyah Pekanbaru adalah Faktor Internal yang meliputi pengalaman, emosi dan minat siswa, dan factor eksternal berupa Lingkungan Keluarga,Lingkungan Sekolah, dan Lingkungan Masyarakat