PENGARUH HASIL TES FORMATIF TERHADAP MINAT BELAJARSISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN BINA PROFESI PEKANBARU
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatar belakangi bahwa minat belajar dipengaruhi oleh beberapa faktor salah satunya adalah hasil tes formatif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil tes formatif, minat belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam, serta pengaruh hasil tes formatif terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Kejuruan Bina Profesi Pekanbaru. Penelitian ini dilaksanakan sejak bulan Desember 2016 sampai Februari 2017. Subjek penelitian adalah siswa kelas X Sekolah Menengah Kejuruan Bina Profesi Pekanbaru. Objek penelitian adalah Hasil Tes Formatif dan Minat Belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Dalam mengumpulkan data, penulis menggunakan teknik tes, angket dan dokumentasi. Dalam penelitian ini data dianalisis dengan teknik Korelasi Product Moment. Dalam pengolahan data tersebut peneliti menggunakan bantuan perangkat komputer program SPSS (Statistical Program Society Science) Versi 16.0 for windows. Berdasarkan analisis data maka disimpulkan bahwa Hasil Tes Formatif, melalui hasil nilai rata-rata siswa dengan persentase 82,8% tergolong baik sekali. Minat belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam, melalui angket dengan persentase 79% tergolong tinggi. Melalui uji SPSS (statistical Program Society Science) korelasi Product Moment, hasil analisis data penelitian menunjukkan kategori yang cukup signifikan dilihat dari r hitung > r table baik pada taraf signifikan 5% dan 1% atau 0,349 < 0,636 > 0,449. Ini berarti H0 ditolak Ha diterima. Peneliti kemudian menyimpulkan, bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara hasil tes formatif terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Kejuruan Bina Profesi Pekanbaru.