Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan motivasi belajar siswa pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial melalui Penerapan Metode Pembelajaran Silent Game di Kelas V Sekolah Dasar Negeri 163 Pekanbaru. Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya motivasi belajar siswa, diantaranya ketika guru menerangkan pelajaran masih ada siswa yang bergurau d dalam kelas, kemudian masih ada siswa yang malu-malu ketika ditunjuk kedepan kelas. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Adapun yang menjadi subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa. Sedangkan yang menjadi objek dalam penelitian ini adalah penerapan Metode Pembelajaran Silent Game untuk dan peningkatan motivasi belajar siswa. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus dan setiap siklus dilakukan dalam dua pertemuan. Agar penelitian ini lebih terarah sesuai dengan perencanaan, maka penelitian ini terdiri atas beberapa tahap yaitu: perencanaan, pelaksanaa, tindakan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian dan analisadata bahwa penerapan Metode Pembelajaran Silent Game dapat meningkatkan motivasi belajar siswa , hal ini dapat dilihat hasil belajar siswa sebelum tindakan mencapai rata-rata 61% Kemudian setelah menerapkan Metode Pembelajaran Silent Game pada siklus I motivasi belajar siswa meningkat dengan rata-rata 72%. Pada siklus II hasil motivasi belajar siswa semakin meningkat dengan rata-rata 85%. Dengan demikian meningkatkan hasil motivasi belajar siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri 163 Pekanbaru. Kata Kunci : Metode Pembelajaran Silent Game.