PENERAPAN STRATEGI GOOD BYE SCRABBLE UNTUK MENINGKATKAT MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM KELAS V SEKOLAH DASAR MUHAMMADIYAH 036 GOBAH KECAMATAN TAMBANG KABUPATEN KAMPAR
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam kelas V Sekolah Dasar Muammadiyah 036 Gobah melalui penerapan Strategi Good Bye Scrabble. Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam yang dipengaruhi oleh kurangnya semangat siswa dalam mengikuti proses pembelajaran dan kurangnya memberikan respon ketika pelaksanaan pembelajaran. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa kelas V Sekolah Dasar Muhammadiyah036 Gobah. Sedangkan objek dalam penelitian ini adalah Strategi Good Bye Scrabbledan motivasi belajar siswa. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, setiap siklus dilakukan dua kali pertemuan. Adapun teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitudenganobservasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan teknikanalisis data yang digunakanyaituanalisisdeskriptif, data dikelompokkan,dandicari ratarata persentasenya. Berdasarkan hasil penelitian dan analisa data dapat diketahui bahwa penerapan Strategi Good Bye Scrabblemenunjukkan motivasi belajar siswa meningkat. Hal ini dapat diketahui sebelum tindakan motivasi belajar siswa hanya mencapai 37,9%, kemudian setelah diterapkan Strategi Good Bye Scrabble pada siklus I motivasi belajar siswa mencapai67,7%. Pada siklus II motivasi belajar siswa meningkat menjadi 84,1% Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapanStrategi Good Bye Scrabbledapat meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan alam kelas V Sekolah Dasar Muhammadiyah 036 Gobah. Kata Kunci: StrategiPembelajaran,Good Bye Scrabble, Motivasi Belajar Siswa, IlmuPengetahuanAlam.