PENGARUH PENGULANGAN MATERI PELAJARAN TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH MENENGAH ATAS LEMBAGA KETAHANAN MASYARAKAT DESA (LKMD) SUKARAMAI KABUPATEN KAMPAR
ctrlnum |
18326 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.uin-suska.ac.id/18326/</relation><title>PENGARUH PENGULANGAN MATERI PELAJARAN
TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA
PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI
SEKOLAH MENENGAH ATAS LEMBAGA
KETAHANAN MASYARAKAT DESA
(LKMD) SUKARAMAI
KABUPATEN KAMPAR</title><creator>RISWATI, 11211203992</creator><subject>370 Pendidikan</subject><description>Penelitian ini dilatarbelakangi bahwa banyak cara yang dapat dilakukan dalam kegiatan belajar. Salah satu unsur penting dalam belajar dengan melakukan pengulangan diharapkan muncul respon yang positif sehingga memberikan hasil belajar yang baik dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengulangan materi pelajaran siswa, hasil belajar serta pengaruh antara pengulangan materi pelajaran terhadap Hasil Belajar siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Atas Lembaga Ketahanan Masyarakat Desa (LKMD)
Sukaramai Kabupaten Kampar.
Penelitian ini dilaksanakan pada semester ganjil tahun ajaran 2016/2017
bertempat di Sekolah Menengah Atas Lembaga Ketahanan Masyarakat Desa (LKMD) Sukaramai Kabupaten Kampar. Subjek penelitian ini adalah siswa, sedangkan objek penelitian ini pengaruh pengulangan materi pelajaran terhadap Hasil
Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Atas Lembaga Ketahanan Masyarakat Desa (LKMD) Sukaramai Kabupaten Kampar. Populasi pada penelitian ini, seluruh siswa Muslim yang berjumlah 241 siswa. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 60 siswa dan diambil secara acak di setiap kelasnya . Pengumpulan data variabel independent menggunakan angket dalam bentuk skala likert dan untuk variabel dependent dalam bentuk dokumentasi. Untuk menjawab rumusan masalah pertama data dianalisis secara deskriptif kuantitatif dengan persentase, untuk menjawab rumusan masalah kedua data dianalisis dengan menggunakan rumus mean, dan untuk menganalisis pengaruh pengulangan materi pelajaran siswa terhadap hasil belajar dengan menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik korelasi Product Moment. Dalam pengolahan data tersebut peneliti menggunakan bantuan perangkat komputer program SPSS (Statistical Program
Society Science) Versi 16.0 for Windows. Berdasarkan analisis data maka disimpulkan bahwa pengulangan materi
pelajaran siswa melalui angket dengan hasil presentase 76,8% tergolong kuat, dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam tergolong baik
sekali, dengan rata-rata 77,3. Melalui uji SPSS (Statistical Program Society Science) Korelasi Product Moment, hasil analisis data penelitian menunjukkan nilai koefisien korelasi sebesar 0,512 dengan probabilitasnya 0,000. maka disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara Pengulangan Materi Pelajaran Terhadap
Hasil Belajar Siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Atas Lembaga Ketahanan Masyarakat Desa Sukaramai Kabupaten Kampar.</description><date>2017</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/18326/1/1.%20COVER.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/18326/2/2.%20PENGESAHAN.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/18326/3/3.%20ABSTRAK.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/18326/4/4.%20KATA%20PENGANTAR.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/18326/5/5.%20DAFTAR%20ISI.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/18326/6/6.%20BAB%20I.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/18326/7/7.%20BAB%20II.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/18326/8/8.%20BAB%20III.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/18326/9/9.%20BAB%20IV.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/18326/10/10.%20BAB%20V.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/18326/11/11.%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf</identifier><identifier> RISWATI, 11211203992 (2017) PENGARUH PENGULANGAN MATERI PELAJARAN TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH MENENGAH ATAS LEMBAGA KETAHANAN MASYARAKAT DESA (LKMD) SUKARAMAI KABUPATEN KAMPAR. Thesis thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTHAN SYARIF KASIM RIAU. </identifier><recordID>18326</recordID></dc>
|
language |
eng |
format |
Thesis:Thesis Thesis PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview Book:Book Book |
author |
RISWATI, 11211203992 |
title |
PENGARUH PENGULANGAN MATERI PELAJARAN
TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA
PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI
SEKOLAH MENENGAH ATAS LEMBAGA
KETAHANAN MASYARAKAT DESA
(LKMD) SUKARAMAI
KABUPATEN KAMPAR |
publishDate |
2017 |
isbn |
11211203992 |
topic |
370 Pendidikan |
url |
http://repository.uin-suska.ac.id/18326/1/1.%20COVER.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/18326/2/2.%20PENGESAHAN.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/18326/3/3.%20ABSTRAK.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/18326/4/4.%20KATA%20PENGANTAR.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/18326/5/5.%20DAFTAR%20ISI.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/18326/6/6.%20BAB%20I.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/18326/7/7.%20BAB%20II.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/18326/8/8.%20BAB%20III.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/18326/9/9.%20BAB%20IV.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/18326/10/10.%20BAB%20V.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/18326/11/11.%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/18326/ |
contents |
Penelitian ini dilatarbelakangi bahwa banyak cara yang dapat dilakukan dalam kegiatan belajar. Salah satu unsur penting dalam belajar dengan melakukan pengulangan diharapkan muncul respon yang positif sehingga memberikan hasil belajar yang baik dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengulangan materi pelajaran siswa, hasil belajar serta pengaruh antara pengulangan materi pelajaran terhadap Hasil Belajar siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Atas Lembaga Ketahanan Masyarakat Desa (LKMD)
Sukaramai Kabupaten Kampar.
Penelitian ini dilaksanakan pada semester ganjil tahun ajaran 2016/2017
bertempat di Sekolah Menengah Atas Lembaga Ketahanan Masyarakat Desa (LKMD) Sukaramai Kabupaten Kampar. Subjek penelitian ini adalah siswa, sedangkan objek penelitian ini pengaruh pengulangan materi pelajaran terhadap Hasil
Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Atas Lembaga Ketahanan Masyarakat Desa (LKMD) Sukaramai Kabupaten Kampar. Populasi pada penelitian ini, seluruh siswa Muslim yang berjumlah 241 siswa. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 60 siswa dan diambil secara acak di setiap kelasnya . Pengumpulan data variabel independent menggunakan angket dalam bentuk skala likert dan untuk variabel dependent dalam bentuk dokumentasi. Untuk menjawab rumusan masalah pertama data dianalisis secara deskriptif kuantitatif dengan persentase, untuk menjawab rumusan masalah kedua data dianalisis dengan menggunakan rumus mean, dan untuk menganalisis pengaruh pengulangan materi pelajaran siswa terhadap hasil belajar dengan menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik korelasi Product Moment. Dalam pengolahan data tersebut peneliti menggunakan bantuan perangkat komputer program SPSS (Statistical Program
Society Science) Versi 16.0 for Windows. Berdasarkan analisis data maka disimpulkan bahwa pengulangan materi
pelajaran siswa melalui angket dengan hasil presentase 76,8% tergolong kuat, dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam tergolong baik
sekali, dengan rata-rata 77,3. Melalui uji SPSS (Statistical Program Society Science) Korelasi Product Moment, hasil analisis data penelitian menunjukkan nilai koefisien korelasi sebesar 0,512 dengan probabilitasnya 0,000. maka disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara Pengulangan Materi Pelajaran Terhadap
Hasil Belajar Siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Atas Lembaga Ketahanan Masyarakat Desa Sukaramai Kabupaten Kampar. |
id |
IOS7815.18326 |
institution |
Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau |
affiliation |
ptki.onesearch.id |
institution_id |
47 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau |
library_id |
4 |
collection |
Institutional Repository UIN Sultan Syarif Kasim Riau |
repository_id |
7815 |
city |
KOTA PEKANBARU |
province |
RIAU |
shared_to_ipusnas_str |
1 |
repoId |
IOS7815 |
first_indexed |
2019-09-10T18:44:45Z |
last_indexed |
2019-09-10T18:44:45Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1674822028412059648 |
score |
17.538404 |