EFEKTIVITAS KEAKTIFAN MENGIKUTI LAYANAN INFORMASI DALAM MENGEMBANGKAN KARIER SISWA DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 12 PEKANBARU
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) efektivitas keaktifan mengikuti layanan informasi dalam mengembangkan karier siswa di Sekolah Menengah Atas Negeri 12 Pekanbaru, (2) faktor yang mendukung efektivitas keaktifan mengikuti layanan informasi dalam mengembangkan karier siswa di Sekolah Menengah Atas Negeri 12 Pekanbaru. Penelitian ini termasuk penelitian deskriptif kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa, dan guru bimbingan dan konseling, sedangkan objek penelitian ini adalah efektivitas mengikuti layanan informasi dalam mengembangkan karier siswa. Penulis melakukan penarikan purposive sampling dengan mengambil kelas XI, dimana diketahui populasinya adalah kelas XI dan sampelnya kelas XI MIPA 5. Data dikumpulkan melalui angket, wawancara dan dokumentasi. Setelah data yang di peroleh dilapangan dianalisis. Maka disimpulkan bahwa (1) Efektivitas keaktifan mengikuti layanan informasi dalam mengembangkan karier siswa di Sekolah Menengah Atas Negeri 12 Pekanbaru dengan perolehan persentase 82,4% tergolong sangat efektif. (2) Faktor yang mempengaruhi efektivitas mengikuti layanan informasi dalam mengembangkan karier siswa di Sekolah Menengah Atas Negeri 12 Pekanbaru adalah kualitas guru bimbingan konseling , waktu pelaksanaan layanan dan pengalaman guru dalam memberikan layanan kepada siswa sudah sangat bagus sehingga hasil dari layanan yang diberikan sangat efektif. Kata Kunci: Efektivitas Keaktifan Mengikuti Layanan Informasi, Pengembangan Karier