PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE DUTI- DUTA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA MATERI BANGUN RUANG SISWA KELAS V SD NEGERI 012 KUALU KECAMATAN TAMBANG KABUPATEN KAMPAR
Main Author: | Hendri Usman, |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2011
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uin-suska.ac.id/1829/1/2011_2011804.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/1829/ |
Daftar Isi:
- Tujuan dari penelitian ini adalah “Untuk Mendeskripsikan Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe DUTI-DUTA Dalam Menigkatkan Hasil Belajar Matematika Pada Materi Bangun Ruang Siswa Kelas V SD Negeri 012 Kualu Kecamatan Tambang Kabupaten Kampar”. Adapun rumusan masalahnya adalah “Bagaimanakah Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe DUTI- DUTA Dapat Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Pada Materi Bangun Ruang Siswa Kelas V SD Negeri 012 Kualu Kecamatan Tambang Kabupaten Kampar”?. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yaitu guru yang berperan langsung dalam proses belajar mengajar. Subjek dari penelitian ini adalah siswa, sedangkan objeknya adalah Penerapan Model pembelajaran Kooperatif Tipe DUTI-DUTA (Dua Tinggal Dua Tamu) dan hasil belajar matematika. Adapun siswa dari penelitian ini adalah siswa yang prestasi belajarnya rendah yaitu siswa kelas V SD Negeri 012 Kualu Kecamatan Tambang Kabupaten Kampar berjumlah 16 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan memberikan tes hasil belajar matematika siswa sebelum dan sesudah tindakan. Sebelum tindakan nilai rata-rata siswa 49,69 dan setelah adanya tindakan terjadi peningkatan hasil rata-rata siswa menjadi 66,87. Setelah data diproses sehingga dapat diambil kesimpulan bahwa Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe DUTI-DUTA Dapat Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Pada Materi Bangun Ruang Siswa Kelas V SD Negeri 012 Kualu Kecamatan Tambang Kabupaten Kampar.