PENGARUH KECERDASAN INTELEKTUAL, KECERDASAN EMOSIONAL, KECERDASAN SPIRITUAL TERHADAP PEMAHAMAN AUDITING ( STUDI EMPIRIS PADA MAHASISWA AKUNTANSI KONSENTRASI AUDIT UIN SUSKA RIAU)
Daftar Isi:
- Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kecerdasan intelektual, kecerdasan emosional, kecerdasan spiritual terhadap pemahaman auditing. Metode pemilihan sampel pada penelitian ini menggunakan Proportionate Stratified Random Sampling. Populasi yang digunakan adalah mahasiswa akuntansi konsentrasi audit Uniersitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau yang berjumlah 117 dan diperoleh sebanyak 95 responden yang dijadikan sampel. Analisis data menggunakan alat analisis regresi linear berganda dan uji asumsi klasik yang terdiri dari uji normalitas, uji autokorelasi, uji multikolonearitas, uji heteroskedastisitas. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan pengujian t, Simultan test (Uji F), dan determinasi (R ). 2 Hasil analisis uji hipotesis menunjukkan bahwa secara parsial dalam kecerdasan intelektual terdapat bepengaruh positif terhadap pemahaman auditing, untuk kecerdasan emosional tidak terdapat pengaruh terhadap pemahaman auditing, sedangkan untuk kecerdasan spiritual terdapat berpengaruh positif terhadap pemahaman auditing. Kata kunci : Kecerdasan intelektual, kecerdasan emosional, kecerdasan spiritual, pemahaman auditing.