PENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS KALIMAT SEDERHANA DENGAN METODE STRUKTUR ANALISIS SINTETIS (SAS) SISWA KELAS II SDN 013 SIPUNGGUK KECAMATAN SALO KABUPATEN KAMPAR

Main Author: Gustina,
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2011
Subjects:
SD
Online Access: http://repository.uin-suska.ac.id/1826/1/2011_2011736.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/1826/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini berbicara tentang pemakaian Metode Struktur Analisis Sintetis (SAS) untuk kemampuan menulis kalimat sederhana siswa pada mata pelajaran bahasa Indonesia kelas II dengan materi menulis permulaan melalui kegiatan menyingkapi cerita dan dikte. Perumusan masalah dalam dalam penelitian ini adalah, apakah dengan Metode Struktur Analisis Sintetis (SAS) dapat meningkatkan kemampuan siswa menulis kalimat sederhana pada mata pelajaran bahasa Indonesia kelas II SDN 013 Sipungguk Kecamatan Salo. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas II SDN 013 Sipungguk yang berjumlah 17 orang siswa, sedangkan objeknya adalah Kemampuan siswa dalam menulis kalimat sederhana dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas II pada materi diatas dengan menggunakan Metode Struktur Analisis Sintetis (SAS). Adapun penelitian ini dilaksanakan pada bulan Desember 2010, pada mata pelajaran yang diteliti adalah mata pelajaran bahasa Indonesia. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus dan pada setiap siklus dilakukan dua kali pertemuan. Setelah dilakukan proses pembelajaran dengan menggunakan metode Struktur Analisis Sintetis (SAS) maka diadakan persentase ketuntasan secara klasikal pada siklus I mencapai 58.82%, kemudian dilanjutkan pada siklus II dengan keberhasilan yang dicapai adalah 82%. Pencapaian persentase ini secara klasikal dianggap “Tuntas”. Dengan demikian dapat disimpulkan melalui Metode Struktur Analisis Sintetis (SAS) dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam menulis kalimat sederhana.