Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan LKS matematika dengan model Think Talk Write (TTW) yang valid dan praktis dalam memfasilitasi kemampuan matematis siswa. Jenis penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan dengan menggunakan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation). Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 21 Pekanbaru. Subjek penelitian adalah 38 siswa kelas VIII.3 dan objek penelitian adalah LKS matematika dengan model TTW. Jenis data yang diambil dalam penelitian ini adalah data kualitatif dan kuantitatif. Teknik pengumpulan data berupa angket uji validitas, angket uji praktikalitas, dan tes. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan teknik analisis deskriptif. LKS hasil pengembangan telah teruji dengan tingkat kevalidan 84,63% (sangat valid) dan tingkat kepraktisan 88,68% (sangat praktis). LKS dengan model TTW telah berhasil dalam memfasilitasi kemampuan komunikasi matematis siswa, hal ini ditunjukkan dengan tes kemampuan komunikasi matematis siswa berada pada kriteria tinggi dengan persentase 83,51%. Dari hasil tersebut mengidentifikasi bahwa LKS yang dikembangkan valid dan praktis dalam memfasilitasi kemampuan komunikasi matematis siswa. Kata Kunci: Lembar Kerja Siswa, Think Talk Write (TTW), Kemampuan Komunikasi Matematis