Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatar belakangi oleh kesenjangan hubungan Pemberian Sugesti oleh guru di MTs N Sungai Tonang, terhadap,aktivitas belajar siswa di MTs N Sungai Tonang. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya hubungan yang signifikan antara pemberian sugesti dengan aktivitas belajar siswa di MTs N Sungai Tonang. Subjek penelitian adalah siswa sedangkan objeknya adalah hubungan antara pemberian sugesti dengan aktivitas belajar siswa di MTs N Sungai Tonang. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa/i MTs N Sungai Toanang yang berjumlah 76 orang. Karena populasinya sedikit maka peneliti mengambil semua dari populasi yang menggunakan teknik korelasi product moment. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket dan dokumentasi, sedangkan teknik analisis data dengan menggunakan kuantitatif persentase dan korelasi product moment. Berdasarkan analisis data diperoleh pemberian sugesti dalam pembelajaran di MTs N Sungai Tonang tergolong amat baik. Secara kuantitatif persentase diperoleh 86,59%. Aktivitas belajar siswa di MTs N Sungai Tonang tergolong amat baik. Secara kuantitatatif persentase diperoleh 83,22%. Adanya hubungan yang signifikan antara pemberian sugesti dengan aktivitas belajar siswa di MTs N Sungai Tonang. Berdasarkan analisis diperoleh r hitung sebesar 0,93% lebih besar dari r tabel. Baik pada taraf 5% (0,2257%) maupun pada taraf 1% (0,2938%). Dengan demikian berarti semakin baik pemberian sugesti maka semakin tingi aktivitas belajar siswa