Daftar Isi:
  • Dalam pengertian yang umum dan sederhana, belajar seringkali diartikan sebagai aktivitas untuk memperoleh pengetahuan. Belajar merupakan proses dasar dari perkembangan hidup manusia. Dengan belajar, manusia melakukan perubahan-perubahan kualitatif individu sehingga tingkah lakunya berkembang. Semua aktivitas dan prestasi hidup manusia tidak lain adalah hasil dari belajar. Penelitian ini dilaksanakan pada tanggal 13 April sampai 30 Mei 2015 bertempat di SMP N 1 Simpang Kanan.Adapun Subjek dalam penelitian ini adalah siswa SMP N 1 Simpang Kanan kelas VIII tahun ajaran 2014/ 2015, sedangkan objeknya ialah pengaruh aktivitas siswa terhadap prestasi belajar Pendidikan Agama Islam. Adapun teknik pengumpulan data yang penulis gunakan dalam penelitian ini adalah dengan Observasi, Dokumentasi dan Angket. Sedangkan teknik analisa data dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan teknik analisa korelasi product moment, dengan rumus: = ∑ (∑ )(∑ ) √[ ∑ (∑ ) ] [ ∑ (∑ ) ] Berdasarkan data yang diperoleh dari lapangan, maka peneliti dapat menyimpulkan bahwa pengaruh aktivitas siswa terhadap prestasi belajar PAI di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Simpang Kanan dapat dikategorikan kurang aktif dengan perolehan jumlah 74,6% dan dari analisa data diperoleh = 0,443 lebih besar dari pada taraf 5% yaitu 0,217 dan lebih besar pada taraf 1% yaitu 0,283 atau dapat dibaca (0,217 < 0,443 > 0,283). Dengan melihat angka diatas, maka dapat dikatakan hipotesa yang diterima sebagai berikut: ( Ha ) diterima yaitu ada pengaruh positif yang signifikan antara aktivitas siswa terhadap prestasi belajar Pendidikan Agama Islam di SMP N 1 Simpang Kanan.