PENGGUNAAN METODE INSIDE-OUTSIDE CIRCLE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS PADA MATERI KENAMPAKKAN ALAM DAN BUATAN DI INDONESIA SISWA KELAS V SDN 002 PANTAI CERMIN KECAMATAN TAPUNG KABUPATEN KAMPAR

Main Author: Lina Mardiana,
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2011
Subjects:
SD
Online Access: http://repository.uin-suska.ac.id/1823/1/2011_2011731.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/1823/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial, hal ini terlihat hanya 12 orang atau 54,55% yang mencapai KKM yang telah ditetapkan, yaitu 65, sedangkan sisanya belum mencapai KKM yang telah ditetapkan, selain itu kurangnya upaya siswa dalam menemukan sendiri jawaban dari suatu pertanyaan yang diberikan oleh guru. Perumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah dengan penggunaan metode Inside-Outside Circle dapat meningkatkan hasil belajar IPS pada materi kenampakkan alam dan buatan di Indonesia Siswa Kelas V SDN 002 Pantai Cermin Kecamatan Tapung Kabupaten Kampar. Agar penelitian tindakan kelas ini berhasil dengan baik tanpa hambatan yang mengganggu kelancaran penelitian, peneliti menyusun tahapan-tahapan yang dilalui dalam penelitian tindakan kelas, yaitu: 1) Perencanaan/persiapan tindakan, 2) Pelaksanaan tindakan, 3) Observasi, dan 4) Refleksi. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial siswa dari sebelum tindakan, siklus I dan siklus II. Pada sebelum tindakan ketuntasan siswa hanya mencapai 12 orang siswa atau ketuntasan siswa hanya mencapai 54,55%. Pada siklus pertama ketuntasan siswa mencapai 16 orang siswa atau ketuntasan telah mencapai 72,73%. Dengan demikian secara klasikal atau secara keseluruhan hasil belajar siswa belum 75% mencapai KKM yang telah ditetapkan, yaitu 65, secara individu sebagian masih ada siswa yang tidak tuntas. Setelah dilakukan tindakan perbaikan yaitu pada siklus II ternyata ketuntasan siwa mencapai 19 orang siswa atau dengan persentase 86,36%. Dengan demikian dapat diambil kesimpulan dengan penggunaan metode Inside-Outside Circle dapat meningkatkan hasil belajar IPS pada materi kenampakkan alam dan buatan di Indonesia siswa kelas V SDN Pantai Cermin Kecamatan Tapung Kabupaten Kampar.