PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA BERBASIS DISCOVERY LEARNING UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA PEKANBARU
Daftar Isi:
- Pengembangan LKS berbasis Discovery Learning untuk memfasilitasi kemampuan berpikir kreatif matematis siswa ini dilakukan karena pada proses pembelajaran siswa menggunakan LKS yang pada umumnya kurang mengembangkan kegiatan pembelajaran yang membuat siswa kritis dan kreatif. Sedangkan pemanfaatan bahan ajar berbentuk LKS masih kurang terutama pada pembelajaran matematika dan pada proses pemanfaatan model pembelajaran salah satunya Discovery Learning belum dioptimalkan serta berpikir kreatif matematis siswa masih kurang. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan LKS matematika dengan model Discovery Learning pada materi pokok bahasan segitiga. Penelitian dilaksanakan di SMP Babussalam Pekanbaru. Subyek penelitian ini adalah validator (pakar) dan siswa kelas VII yang diambil 7 siswa untuk uji coba kelompok kecil dan 20 siswa untuk uji kelompok besar. Penelitian pengembangan ini menggunakan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Instrumen pengumpulan data berupa lembar validasi, angket, dan tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kuantitatif dan analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan kualitas LKS yang dikembangkan tergolong dalam kategori sangat valid (86,41%) dan sangat praktis (91,28%). Sedangkan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa setelah menggunakan LKS, mendapat predikat sedang (71,50%). Hal tersebut menunjukkan bahwa LKS berbasis Discovery Learning ini telah valid, praktis dan dapat memfasilitasi kemampuan berpikir kreatif matematis siswa. Kata Kunci: Lembar Kerja Siswa, Model Discovery Learning, Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis.