Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki ada tidaknya perbedaan pemahaman konsep matematis antara siswa yang mengikuti pembelajaran Card Sort dengan siswa yang mengikuti pembelajaran langsung jika ditinjau dari kemampuan awal tinggi, sedang dan rendah pada siswa SMP Negeri 10 Pekanbaru. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen dengan desain Posttest Only Group Design yang bertujuan untuk menyelidiki hubungan sebab akibat dengan cara memberikan perlakuan pada salah satu kelas dan membandingkan hasilnya dengan salah satu kelas yang diberikan perlakuan yang berbeda. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII. 4 6 SMP Negeri 10 Pekanbaru dan objek penelitian ini adalah pengaruh penerapan strategi pembelajaran aktif Card Sort terhadap pemahaman konsep matematis siswa yang ditinjau dari kemampuan awal siswa. Penulis menggunakan tes”t” dan two way anova untuk menganalisis data. Berdasarkan hasil analis data dapat diambil kesimpulan bahwa: 1) Terdapat perbedaan pemahaman konsep matematis antara siswa yang mengikuti pembelajaran Card Sort dengan siswa yang mengikuti pembelajaran langsung, 2) Terdapat perbedaan pemahaman konsep matematis antara siswa yang mengikuti pembelajaran Card Sort dengan siswa yang mengikuti pembelajaran langsung jika ditinjau dari kemampuan awal tinggi, 3) Terdapat perbedaan pemahaman konsep matematis antara siswa yang mengikuti pembelajaran Card Sort dengan siswa yang mengikuti pembelajaran langsung jika ditinjau dari kemampuan awal sedang, 4) Terdapat perbedaan pemahaman konsep matematis antara siswa yang mengikuti pembelajaran Card Sort dengan siswa yang mengikuti pembelajaran langsung jika ditinjau dari kemampuan awal rendah, 5) Tidak terdapat interaksi strategi pembelajaran dengan kemampuan awal terhadap dan VIII. pemahaman konsep matematis. Dengan demikian secara umum strategi pembelajaran aktif Card Sort berpengaruh terhadap pemahaman konsep matematis siswa SMP Negeri 10 Pekanbaru yang ditinjau dari kemampuan awal dan tidak terdapat interaksi strategi pembelajaran dengan kemampuan awal terhadap pemahaman konsep matematis siswa SMP Negeri 10 Pekanbaru. Kata kunci : Card Sort, Pemahaman Konsep Matematis, Kemampuan Awal