Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilakukan di PT. Indah Kiat Pulp And Paper Perawang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah faktor-faktor yang mempengaruhi psikologis konsumen yaitu motivasi, persepsi, pembelajaran dan sikap berpengaruh terhadap keputusan pembelian pada karyawan Electrical & Instrumentation Division. Populasi dalam penelitian ini adalah jumlah karyawan Electrical & Instrumentation Division tahun 2016 yang berjumlah 458 orang. Sampel dalam penelitian ini adalah 82 responden. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini dilakukan dengan teknik Non Probability Sampling dan Accidental Sampling. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner. Analisis data dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif dengan menggunakan metode regresi linear berganda. Setelah dilakukan tinjauan pustaka dan penyusunan hipotesis, kemudian dilakukan analisis terhadap data yang diperoleh dengan menggunakan analisis regresi berganda. Analisis ini meliputi: uji validitas, reliabilitas dan normalitas data, uji asumsi klasik, analisis regresi berganda, pengujian hipotesis melalui uji t dan uji F, serta analisis koefisien determinasi (R 2 ). Dari analisis tersebut diperoleh persamaan regresi: Y=2,497 + 0,199X1 + 0,342X2 + 0,203X3 + 0,225X4 + e. Dimana secara parsial (uji t) menunjukkan bahwa semua variabel berpengaruh secara signifikan dengan pembuktian variabel motivasi (X1) t hitung > t tabel atau (2,075) > (1,991) dan Sig. (0,041) < (0,05), persepsi (X2) t hitung > t tabel atau (2,730) > (1,991) dan Sig. (0,008) < (0,05), pembelajaran (X3) t hitung > t tabel atau (2,661) > (1,991) dan Sig. (0,009) < (0,05), sikap (X4) t hitung > t tabel atau (1,992) > (1,991) dan Sig. (0,005) < (0,05). Kemudian melalui (uji F) F hitung (72,866) > F tabel (2,490) dengan Sig. (0,000) < (0,05) dapat diketahui bahwa keempat variabel independen berpengaruh terhadap variabel keputusan pembelian. Angka Adjusted R Square sebesar 0,780 menunjukkan bahwa 78% variabel keputusan pembelian dapat dijelaskan oleh keempat variabel dalam persamaan regresi. Sedangkan sisanya sebesar 22% dijelaskan oleh faktor lain. Keyword : Motivasi, Persepsi, Pembelajaran, Sikap dan Keputusan Pembelian.