DESAIN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS KARAKTER PILAR KERJA KERAS DENGAN PENDEKATAN SCAFFOLDING PADA MATERI MINYAK BUMI
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat validitas dan praktikalitas Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis karakter pilar kerja keras dengan pendekatan scaffolding yang valid dan praktis. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan (Research and Development) yang mengacu pada model 4-D modifikasi. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 9 Pekanbaru. Jenis data yang diambil dalam penelitian ini adalah data primer, yaitu data yang diperoleh langsung dari angket. Instrumen pengumpulan data berupa angket uji validitas dan angket uji praktikalitas. Data dianalisis secara deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis karakter kerja keras dengan pendekatan scaffolding yang dikembangkan telah memenuhi kriteria sangat valid dan sangat praktis dengan persentase berturut-turut 89,87% dan 91,30%. Respon guru terhadap produk Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) sangat baik. Hasil angket mengenai pengintegrasian karakter kerja keras dari dosen dan guru kimia diperoleh nilai sebesar 95,5% dengan kriteria sangat baik. Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) dapat dinyatakan layak dan praktis untuk dijadikan bahan ajar tambahan guru di sekolah. Kata Kunci: Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD), Karakter, Kerja Keras, Scaffolding, Minyak Bumi