PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS PENDEKATAN VISUAL, AUDITORI, KINESTETIK (VAK) UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA PEKANBARU
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis pendekatan Visual, Auditori, Kinestetik (VAK) yang valid dan praktis dan mampu memfasilitasi kemampuan komunikasi matematis siswa. Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation dan Evaluation). Penelitian ini dilakukan di Sekolah Menengah Pertama Negeri 21 Pekanbaru. Subjek penelitian ini adalah dosen dan guru sebagai validator serta siswa kelas VIII SMP Negeri 21 Pekanbaru dan objek penelitian ini adalah media pembelajaran berbasis pendekatan Visual, Auditori, Kinestetik (VAK). Jenis data berupa data kuantitatif dan kualitatif. Instrumen pengumpulan data berupa angket dan soal post-test. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kuantitatif dan analisis deskriptif kualitatif. Berdasarkan uji validitas, media pembelajaran berbasis pendekatan Visual, Auditori, Kinestetik (VAK) dinyatakan kategori sangat valid dengan persentase tingkat kevalidan 86,01%. Berdasarkan uji praktikalitas, Media Pembelajaran berbasis pendekatan Visual, Auditori, Kinestetik (VAK) untuk kelompok kecil dinyatakan kategori sangat praktis dengan persentase tingkat kepraktisan 91,73%, untuk kelompok terbatas dinyatakan kategori sangat praktis dengan presentase tingkat kepraktisan 89,65%. Dari hasil tersebut, mengidentifikasi bahwa media pembelajaran yang dikembangkan sangat valid dan sangat praktis. Berdasarkan tes kemampuan komunikasi matematis siswa, media pembelajaran berbasis pendekatan Visual, Auditori, Kinestetik (VAK) sudah memfasilitasi kemampuan komunikasi matematis siswa dengan persentase tingkat penguasaan yaitu 83,72% dinyatakan kategori tinggi. Kata Kunci: Media Pembelajaran, Pendekatan Visual, Auditori, Kinestetik (VAK), Kemampuan Komunikasi Matematis.