Daftar Isi:
  • Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen yang dilatarbelakangi oleh nilai ulangan harian siswa yang rendah. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dan mengetahui besarnya pengaruh penerapan Model pembelajaran kooperatif Rotating Trio Exchange (RTE) disertai media Microsoft Power Point terhadap hasil belajar siswa Sekolah Menengah Atas Negeri 10 Pekanbaru. Penelitian ini merupakan penelitian dengan rancangan pretest dan posttest. Sampel dalam penelitian ini diambil berdasarkan uji F, teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik random sampling, dimana dalam penelitian ini, X2 sebagai kelas eksperimen dan X3 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah dengan melakukan uji homogenitas sebagai data awal pada materi sebelumnya yaitu pengenalan kimia, dokumentasi, observasi, pretest, dan posttest sebagai data akhir. Analisi data akhir pada penelitian ini menggunakan t-test. Hasil pengolahan data akhir diperoleh nilai thitung = 2,99 pada taraf signifikan 5% dan ttabel = 2,00 dan menunjukkan thitung > ttabel. Hal ini menunjukkan Ho ditolak dan Ha diterima. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : (1) model pembelajaran kooperatif Rotating Trio Exchange (RTE) disertai media Microsoft Power Point berpengaruh terhadap hasil belajar siswa, (2) besarnya pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif Rotating Trio Exchange (RTE) disertai media Microsoft Power Point terhadap hasil belajar siswa yaitu 11,3%. Kata Kunci : Pembelajaran Kooperatif, Rotating Trio Exchange (RTE), Microsoft Power Point, Hasil Belajar.