Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi dengan rendahnya hasil belajar kimia siswa kelas XI. Untuk itu, dilaksanakan penelitian eksperimen dengan rancangan pretest dan postest untuk mengetahui pengaruh penerapan model Student Teams Achievement Division dengan media Prezi Desktop terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran kimia kelas XI Sekolah Menengah Atas Negeri 2 Pekanbaru pada materi larutan asam dan basa. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI MIA tahun ajaran 2015/2016 dengan jumlah sampel 2 kelas yaitu XI MIA 2 (eksperimen) dan XI MIA 3 (kontrol). Data penelitian dikumpulkan melalui observasi, tes data awal yaitu tes homogenitas dan tes data akhir yaitu pretest dan postest, serta dokumentasi. Untuk mengetahui pengaruh penerapan model dengan media Prezi Desktop terhadap hasil belajar digunakan rumus Kp. Perbedaan pengaruh dianalisis dengan t-test sampel related. Hasil analisis data awal dan data akhir diperoleh nilai thitung = 2.25 dan ttabel = 2.00 pada taraf signifikan 5%. Nilai thitung> ttabel, sehingga Ho ditolak, dan Ha diterima yang berarti menunjukkan adanya pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif Student Teams Achievement Division dengan media Prezi Dekstop terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran kimia kelas XI Sekolah Menengah Atas Negeri 2 Pekanbaru pada materi larutan asam dan basa dengan pengaruh sebesar 7.9%. Kata kunci : Hasil Belajar, Student Teams Achievement Division, Prezi Desktop, Larutan asam dan basa.