PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE SCRIPT TERHADAP HASIL BELAJAR KIMIA SISWA DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 1 XIII KOTO KAMPAR
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil belajar kimia siswa di SMAN 1 XIII Koto Kampar pada pokok bahasan Hidrokarbonyang masih rendah (belum mencapai KKM). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar kimia siswa melalui model pembelajaran cooperative script pada pokok bahasan Hidrokarbon di kelas X SMAN 1 XIII Koto Kampar. Penelitian ini merupakan penelitian quasy eksperimen dengan design pretest-postest. Teknik pengambilan sampel yang digunakan pada penelitian ini adalah random sampling. Sampel dalam penelitian ini yaitu kelas X2 dan kelas X4, dimana kelas X4 sebagai kelas kontrol dengan metode ceramah dan kelas X2 sebagai kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran cooperative script. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah dengan melakukan uji homogenitas sebagai data awal, pretest dan postest sebagai data akhir dan dokumentasi. Analisis data akhir pada penelitian ini menggunakan uji “t”. Dari hasil perhitungan diperoleh thitung = 2,37 pada taraf signifikan 5% diperoleh ttabel = 1,67, menunjukkan bahwa thitung ≥ ttabel sehingga Ho ditolak dan Ha diterima, artinya terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran cooperative script terhadaphasil belajar kimia siswa di SMAN 1 XIII Koto Kampar dengan koefisien pengaruh sebesar 9,7%. Kata Kunci : Model Pembelajaran, Cooperative Script, Hasil Belajar, Hidrokarbon.