PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN MENYUSUN TEKA TEKI UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL DI KELAS V MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI LUMBUK KEMANG KECAMATAN UKUI KABUPATEN PELALAWAN
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial melalui penerapan strategi pembelajaran menyusun teka teki di kelas V Madrasah Ibtidaiyah Negeri Lumbuk Kemang Kecamatan Ukui Kabupaten Pelalawan. Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya aktivitas belajar siswa. Hal ini terlihat dari kurangnya aktivitas siswa seperti bertanya atau memberikan pendapat, siswa lebih banyak diam dan hanya mendengarkan penjelasan dari guru, dan ketika dilakukan diskusi siswa kurang aktif. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa. Objek dalam penelitian ini adalah penerapan strategi pembelajaran menyusun teka teki dan aktivitas belajar siswa. Penelitian ini dilakukan dalam 2 siklus masing-masing siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi,dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan yaitu analisa data guru dan siswa dengan menggunakan rumus P=