PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK BERBASIS MODEL CONNECTING, ORGANIZING, REFLECTING DAN EXTENDING UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS PESERTA DIDIK SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 1 TAMBANG
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan LKPD berbasis model CORE yang valid dan praktis serta untuk mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik. Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation dan Evaluation). Penelitian ini dilakukan di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Tambang. Subjek penelitian ini adalah kelas VII-3 dan objek penelitian ini adalah LKPD berbasis model CORE. Jenis data berupa data kuantitatif dan kualitatif. Instrumen pengumpulan data berupa angket dan soal tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kuantitatif dan analisis deskriptif kualitatif. Berdasarkan uji validitas, LKPD berbasis model CORE dinyatakan kategori valid dengan persentase tingkat kevalidan 79,5%. Berdasarkan uji praktikalitas, LKPD berbasis model CORE dinyatakan kategori sangat praktis dengan persentase tingkat kepraktisan 82,6%. Dari hasil tersebut mengidentifikasi bahwa LKPD yang dikembangkan layak dan praktis. Berdasarkan tes kemampuan pemecahan masalah matematis, LKPD berbasis model CORE sudah memfasilitasi kemampuan pemecahan masalah matematis dengan persentase tingkat penguasaan yaitu 86,1% dinyatakan kategori tinggi. Kata Kunci: LKPD, Model CORE, Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis.