Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi bahwa minat belajar siswa dipengaruhi oleh beberapa faktor, salah satunya adalah kompetensi kepribadian guru Pendidikan Agama Islam. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh kepribadian guru Pendidikan Agama Islam terhadap minat belajar siswa di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Batu Bersurat Kecamatan Xiii Koto Kampar. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Apakah ada pengaruh yang signifikan kompetensi kepribadian guru Pendidikan Agama Islam terhadap minat belajar siswa di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Batu Bersurat Kecamatan Xiii Koto Kampar” Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Kecamatan Xiii Koto Kampar. Sedangkan objek penelitian ini adalah pengaruh kompetensi kepribadian guru Pendidikan Agama Islam terhadap minat belajar siswa. Teknik penelitian ini menggunakan observasi, angket, dan dokumentasi. Untuk menganalisis tentang kompetensi kepribadian guru Pendidikan Agama Islam dan minat belajar data dianalisis secara deskriptif kuantitatif dengan persentase. Data yang terkumpul akan dianalisis dengan menggunakan rumus Product Moment. rxy = N∑XY − ∑X ∑Y {N∑X 2 2 2 −(∑X) } N∑Y – ∑Y 2 Berdasarkan hasil uji korelasi dengan menggunakan SPSS versi 16.0 for Windows. Hasil analisa data menunjukkan tingkat pengaruh antara kedua variabel adalah 0.754 lebih besar dari taraf signifikan 5% 0,232 dan taraf signifikan 1% 0,302. Dengan demikian Ha diterima dan H0 ditolak. Artinya ada pengaruh yang signifikan antara kompetensi kepribadian guru pendidikan Agama Islam terhadap minat belajar siswa di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Batu Bersurat Kecamatan Xiii Koto Kampar.