EFEKTIFITAS PERMAINAN BOLA PANAS DENGAN MENGGUNAKAN METODE LANGSUNG UNTUK MENINGKATKAN KEMAHIRA BERBICARA SISWA DI SMP IT AL-FITYAH PEKANBARU
Daftar Isi:
- Penelitian ini adalah penelitian eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui efektifitas metode langsung dengan menggunakan permainan bola panas untuk meningkatkan kemahiran berbicara bahasa Arab siswa SMP IT Al-Fityah Pekanbaru. Rumusan permasalahan dalam penelitian ini adalah “Apakah metode langsung dengan menggunakan permainan bola panas efektif untuk meningkatkan kemahiran berbicara bahasa Arab siswa SMP IT Al-Fityah Pekanbaru.?”. Penelitian ini dimulai dari merancang langkah pembelajaran, pelaksanaan, observasi, kemudian test. Populasi penelitian adalah siswa SMP IT Al-Fityah Pekanbaru tahun ajaran 2016/2017, dengan sampel siswa kelas 8.A dan 8.B SMP IT Al-Fityah Pekanbaru. Subjek penelitian adalah guru bahasa Arab SMP IT Al-Fityah Pekanbaru. Instrument yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini terdiri dari observasi dan test.Dari analisis data yang diperoleh, dapat disimpulkan bahwa Metode Langsung dengan menggunakan permainan Bola Panas efektif untuk meningkatkan kemahiran berbicara bahasa Arab siswa SMP IT Al-Fityah Pekanbaru. Karena nilai To = 3,38 lebih besar dari Tt pada taraf signifikansi 1% = 2,65 dan taraf signifikansi 5% = 2.00 ini berarti bahwa Ho ditolak dan Ha diterima. dengan kata lain Metode Langsung dengan menggunakan permainan Bola Panas efektif untuk meningkatkan kemahiran berbicara bahasa Arab siswa SMP IT AlFityah Pekanbaru. Kata Kunci: Efektifitas, metode, permainan, kemahiran berbicara