PENGARUH PENGGUNAAN METODE TERJEMAH TERHADAP KEMAMPUAN SISWA DALAM MEMAHAMI TEKS BERBAHASA ARAB DI MADRASAH TSANAWIYAH DARUL FALAH SALO KAMPAR
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Penggunaan Metode Terjemah Terhadap Kemampuan Siswa dalam Memahami Teks Berbahasa Arab di Madrasah Tsanawiyah Darul Falah Salo Kampar.Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Apakah Penggunaan Metode Terjemah Berpengaruh Terhadap Kemampuan Siswa Dalam Memahami Teks Berbahasa Arab ?” .Penelitianiniadalahpenelitianeksperimenyaitu dimulai dengan merancang langkah pembelajaran, pelaksanaan, observasi dan test. Populasi penelitian adalah siswa Madrasah Tsanawiyah Darul Falah Salo tahun ajaran 2016-2017 , dengan sampel siswa kelas VIII A sebagai kelas Eksperimen danVIII B sebagai kelas KontroldiMadrasah TsanawiyahDarul Falah Salo. Subjekpenelitianadalahsiswadan guru Bahasa ArabMadrasah Tsanawiyah Darul Falah Salo. Objek penelitian ini adalah Pengaruh Penggunaan Metode Terjemah Terhadap Kemampuan Siswa Dalam Memahami Teks Berbahasa Arab di Madrasah Tsanawiyah Darul Falah Salo. Instrument yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah observasi dan test.Dari analisis data yang diperoleh, dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signfikan antara siswa yang diajarkan menggunakan metode terjemah dan yang tidak diajarkan menggunakan metode terjemah dalam pengajaran bahasa Arab di Madrasah Tsanawiyah Darul Falah Salo. Karena nilai To = 5.73 lebih besar dari Tt pada taraf signifikansi 1% = 2.68 dan taraf signifikansi 5% = 2.01. Ini berarti bahwa Ho ditolak dan Ha diterima.