EFEKTIFITAS PENGGUNAAN METODE SYAM’IYYAH SYAFAWIYYAH DENGAN PERMAINAN KABARKAN BERITAMU UNTUK MENINGKATKAN KEMAHIRAN BERBICARA BAHASA ARAB SISWA DI SMP.IT AL-IHSAN BOARDING SCHOOL KUBANG JAYA
Daftar Isi:
- Penelitian ini adalah penelitian eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui Efektivitas metode syam’iyyah syafawiyyah menggunakan Permainan kabarkan beritamu untuk meningkatkan kemahiran berbicara bahasa arab siswa SMP.IT Al-Ihsan Boarding School Kubang Jaya. Rumusan permasalahan dalam penelitian ini adalah “Apakah Metode Syam’iyyah syafawiyyah menggunakan Permainan kabarkan beritamu efektif untuk meningkatkan kemahiran berbicara bahasa arab siswa SMP.IT Al-Ihsan Boarding School Kubang Jaya?” Penelitian ini dimulai dari merancang langkah pembelajaran, pelaksanaan, observasi, kemudian test. Populasi penelitian adalah siswa siswa SMP.IT Al-Ihsan Boarding School Kubang Jaya tahun ajaran ٢٠١٦/٢٠١٧, dengan sampel siswa kelas ٢A dan ٢B SMP.IT Al-Ihsan Boarding School Kubang Jaya. Subjek penelitian adalah siswa kelas ٢ SMP.IT Al-Ihsan Boarding School Kubang Jaya dan Objeknya adalah Efektifitas Penggunaan Metode Syam’iyyah Syafawiyyah dengan Permainan Kabarkan Beritamu untuk Meningkatkan Kemahiran Berbicara. Instrument yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini terdiri dari observasi dan test. Dari analisis data yang diperoleh, dapat disimpulkan bahwa Metode syam’iyyah syafawiyyah menggunakan Permainan kabarkan beritamu efektif untuk meningkatkan kemahiran berbicara bahasa arab siswa SMP.IT Al-Ihsan Boarding School Kubang Jaya. Karena nilai To = ٤،٢٩ lebih besar dari Tt pada taraf signifikansi ١٪ = ٢٫٦٨ dan taraf signifikansi ٥٪ = ٢٫٠١. ini berarti bahwa Ho ditolak dan Ha diterima. Dengan kata lain metode syam’iyyah syafawiyyah menggunakan Permainan kabarkan beritamu efektif untuk meningkatkan kemahiran berbicara bahasa arab siswa SMP.IT Al-Ihsan Boarding School Kubang Jaya. Kata Kunci : Efektifitas, Metode, Permainan, Kemahiran Berbicara