Daftar Isi:
  • Penelitian ini adalah penelitian eksperimen, yaitu peneliti berperan langsung sebagai guru dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas Penggunaan permainan Do-mi-kado untuk meningkatkan kemahiran berbicara siswa , dengan melihat ada tidaknya perbedaan kemahiran berbicara siswa kelas eksperimen dan kontrol. Rumusan permasalahan dalam penelitian ini adalah “Bagaimana Pelaksanaan Penggunaan Permainan Do-mi-kado Dengan Metode Sam’iyah Syafahiyah Untuk Meningkatkan Kemahiran Berbicara Siswa di MTs. Pondok pesantren Darussalam?”.Subjek penelitian adalah guru bahasa Arab dan siswa kelas VII أ dan VII ب di MTs.Pondok pesantren Darussalam, sedangkan objeknya adalah Efektifit Penggunaan Permainan Do-mi-kado Dengan Metode Sam’iyah Syafahiyah Untuk Meningkatkan kemahiran berbicara Siswa di MTs pondok pesantren Darussalam. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa di kelas VII MTs. Pondok pesantren Darussalam TahunAjaran 2016/2017. dan sampelnya adalah siswa kelas VII ا dan VII ب . Instrument yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian iniadalah observasi dan test. Untuk menganalisa data observasi digunakan rumus: f %  100  Sedangkan untuk menganalisa data test digunakan rumus : 0  x y 2 2  SDy  1 1               SDx Dari analisis data yang diperoleh, dapat disimpulkan bahwa dalam proses pembelajaran terdapat perbedaan kemampuan berbicara siswa antara kelas yang menggunakan permainan Do-mi-kado dengan yang tanpa menggunakan permainan Do-mi-kado. Karena nilai To = 3.21 lebih besar dari Tt pada taraf signifikansi 1% = 2,65 dan taraf signifikansi 5% = 2.00. ini berarti bahwa Ho ditolak dan Ha diterima. Dengan kata lain permainan Do-mi-kado efektif untuk meningkatkan kemahiran berbicara siswa MTs. Pondok Pesantren Darussalam. Kata Kunci : Efektifitas, Permainan, Metode, kemahiran berbicara