Daftar Isi:
  • Penelitian ini adalah penelitian eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui efektifitas penggunaan metode langsung dengan menggunakan permainan terka aksi untuk meningkatkan kemhiran berbicara bagi siswa Madrasah Tsanawiyah Pondok Pesantren Daarun Nahdhah Kampar, Rumusan permasalahan dalam penelitian ini adalah “Apakah penggunaan metode langsung dengan menggunakan permainan terka aksi efektif untuk meningkatkan kemahiran berbicara bagi siswa Madrasah Tsanawiyah Pondok Pesantren Daarun Nahdhah Kampar? Penelitian ini dimulai dari merancang langkah pembelajaran, pelaksanaan, observasi, kemudian test.Populasi penelitian adalah siswa Madrasah Tsanawiyah Pondok Pesantren Daarun Nahdhah Kampar tahun ajaran 2016/2017 dengan sampel siswi kelas VIII A dan VIII B Madrasah Tsanawiyah Pondok Pesantren Daarun Nahdhah Kampar. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini terdiri dari observasi dan test.Dari analisis data yang diperoleh, dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode langsung dengan menggunakan permainan terka aksi efektif untuk meningkatkan kemahiran berbicara bagi siswa Madrasah Tsanawiyah Pondok Pesantren Daarun Nahdhah Kampar. Karena nilaiTo = 4.89lebih besar dari Tt pada taraf signifikansi 1% = 2.65 dan taraf signifikansi 5% = 2.00. ini berarti bahwa Ho ditolak dan Ha diterima. Dengan kata lain penggunaan metode langsung dengan menggunakan permainan terka aksi efektif untuk meningkatkan kemahiran berbicara bagi siswa Madrasah Tsanawiyah Pondok Pesantren Daarun Nahdhah Bangkinang. Kata Kunci :Efektifitas, Metode, Permainan, KemahiranBerbicara.