Daftar Isi:
  • Penelitian ini adalah penelitian eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui penggunaan media permainan “ini huruf awalku” pada pembelajaran bahasa arab untuk meningkatkan keterampilan menulis siswa MTs Al-Muttaqin Pekanbaru. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Apakah penggunaan media permainan “ini huruf awalku” pada pembelajaran bahasa arab efektif untuk meningkatkan keterampilan menulis siswa MTs Al-Muttaqin Pekanbaru? Populasi penelitian adalah siswa kelas tujuh Madrasah Tsanawiyah Al-Muttaqin Pekanbaru tahun ajaran 2016/2017 dengan sampel siswa kelas VII ‌A dan VII B Madrasah Tsanawiyah Al-Muttaqin Pekanbaru. Subjek penelitian adalah guru dan siswa Madrasah Tsanawiyah Al-Muttaqin Pekanbaru. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini terdiri dari observasi dan test. ‌ Dari analisis data yang diperoleh, dapat disimpulkan bahwa penggunaan media permainan “ini huruf awalku” pada pembelajaran bahasa arab efektif untuk meningkatkan keterampilan menulis siswa Madrasah Tsanawiyah Al-Muttaqin Pekanbaru.. Karena nilai To = 3,70 lebih besar dari Tt pada taraf signifikansi 1% = 2.68 dan taraf signifikansi 5% = 2.01. ini berarti bahwa Ho ditolak dan Ha diterima. Dengan kata lain penggunaan media permainan “ini huruf awalku” pada pembelajaran bahasa arab efektif untuk meningkatkan keterampilan menulis siswa MTs Al-Muttaqin Pekanbaru. Kata Kunci : Media, Permainan, Menulis