EFEKTIVITAS PENGGUNAAN METODE SAM’IYYAH SYAFAWIYYAH DENGAN PERMAINAN MEMBACA DAN MEMBENTUK KALIMAT PADA PELAJARAN BAHASA ARAB UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA SISWA DI MADRASAH TSANAWIYAH PONDOK PESANTREN ALMUNAWWARAH PEKANBARU
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan metode sam’iyyah syafawiyyah dengan permainan membaca dan membentuk kalimat pada pelajaran bahasa arab untuk meningkatkan kemampuan membaca siswa di madrasah tsanawiyah pondok pesantren al-munawwarah pekanbaru. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Apakah penggunaan metode sam’iyyah syafawiyyah dengan permainan membaca dan membentuk kalimat pada pelajaran bahasa arab efektif untuk meningkatkan kemampuan membaca siswa di madrasah tsanawiyah pondok pesantren almunawwarah pekanbaru?.” Penelitian ini adalah penelitian eksperimen yaitu dimulai dengan merancang langkah pembelajaran, pelaksanaan, observasi dan test. Populasi penelitian adalah siswa madrasah tsanawiyah pondok pesantren al-munawwarah pekanbaru tahun ajaran 6102-6102, dengan sampel siswa kelas 6a dan 6b di madrasah tsanawiyah pondok pesantren al-munawwarah pekanbaru. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas 6a dan 6b madrasah tsanawiyah pondok pesantren al-munawwarah pekanbaru. Objek penelitian adalah penggunaan metode sam’iyyah syafawiyyah dengan permainan membaca dan membentuk kalimat pada pelajaran bahasa arab untuk meningkatkan kemampuan membaca siswa di madrasah tsanawiyah pondok pesantren al-munawwarah pekanbaru. Instrument yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini terdiri dari observasi dan test. Dari analisis data yang diperoleh, dapat disimpulkan bahwa metode sam’iyyah syafawiyyah dengan permainan membaca dan membentuk kalimat pada pelajaran bahasa arab efektif untuk meningkatkan kemampuan membaca siswa di madrasah tsanawiyah pondok pesantren al-munawwarah pekanbaru. Karena nilai To = 69.2 lebih besar dari Tt pada taraf signifikansi 01 = 6922 dan taraf signifikansi %1 = 6910. Ini berarti bahwa Ho ditolak dan Ha diterima. Dengan kata lain, metode sam’iyyah syafawiyyah dengan permainan membaca dan membentuk kalimat pada pelajaran bahasa arab efektif untuk meningkatkan kemampuan membaca siswa di madrasah tsanawiyah pondok pesantren al-munawwarah pekanbaru. Kata kunci: Efektivitas, Metode, Permainan dan Kemahiran Membaca