EFEKTIFITAS METODE LANGSUNG DENGAN PERMAINAN DO-MI-KADO UNTUK MENINGKATKAN KEMAHIRAN BERBICARA SISWI DI SMP IT AL-IHSAN KUBANG JAYA
Daftar Isi:
- Penelitian ini adalah penelitian eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui efektifitas metode langsung dengan permainan do-mi-kado untuk meningkatkan kemahiran berbicara siswi di SMP IT Al-Ihsan Kubang Jaya. Rumusan permasalahan dalam penelitian ini adalah “Apakah penggunaan metode langsung dengan permainan do-mi-kado efektif untuk meningkatkan kemahiran berbicara bahasa arab siswi di SMP IT Al-Ihsan Kubang Jaya? Penelitian ini dimulai dari merancang langkah pembelajaran, pelaksanaan, observasi, dan test. Populasi penelitian adalah siswa SMP IT Al-Ihsan Kubang Jaya tahun ajaran 2016/2017 dengan sampel siswi kelas VIII D dan VIII C SMP IT Al-Ihsan Kubang Jaya. Subjek penelitian adalah siswi dan guru bahasa Arab di SMP IT AlIhsan Kubang Jaya. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini terdiri dari observasi dan test. Dari analisis data yang diperoleh, dapat disimpulkan bahwa Metode Langsung dengan Permainan Do-Mi-Kado efektif untuk meningkatkan Kemahiran Berbicara siswi SMP IT Al-Ihsan Kubang Jaya. Karena nilai To = 5,37 lebih besar dari Tt pada taraf signifikansi 1% = 2,74 dan taraf signifikansi 5% = 2,03. ini berarti bahwa Ho ditolak dan Ha diterima. Dengan kata lain Metode Langung dengan Permainan Do-Mi-Kado efektif untuk meningkatkan Kemahiran Berbicara siswi SMP IT Al-Ihsan Kubang Jaya. Kata Kunci : Efektifitas, Metode, Permainan, Kemahiran Berbicara.