EFEKTIFITAS PERMAINAN KATA BERJAJAR DENGAN MENGGUNAKAN METODE QIRA’AH UNTUK MENINGKATKAN KEMAHIRAN MEMBACA PADA SISWA MTS AL-MUTTAQIN PEKANBARU
Daftar Isi:
- Penelitian ini adalah penelitian eksperimen, di mana peneliti berperan langsung sebagai guru dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas permainan Kata Berjajar dengan menggunakan Metode Qira’ah untuk meningkatkan kemahiran membaca siswa MTs Al-Muttaqin Pekanbaru. Rumusan permasalahan dalam penelitian ini adalah “Apakah Pelaksanaan Permainan Kata Berjajar dengan Menggunakan Metode Qira’ah Efektif untuk Meningkatkan Kemahiran Membaca siswa MTs Al-Muttaqin Pekanbaru ?”. Subjek penelitian adalah guru bahasa Arab dan siswa kelas VII C dan VII D di MTs Al-Muttaqin Pekanbaru, sedangkan objeknya adalah efektifitas permainan Kata Berjajar dengan menggunakan Metode Qira’ah untuk meningkatkan kemahiran membaca siswa MTs Al-Muttaqin Pekanbaru. Populasi dan sampel penelitian ini adalah siswa kelas VII C dan VII D. Instrument yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini adalah observasi dan test. Untuk f menganalisa data observasi digunakan rumus: % 100 0 x y Sedangkan untuk menganalisa data test digunakan rumus : 2 2 SDy 1 1 SDx Dari analisis data yang diperoleh, dapat disimpulkan bahwa dalam proses pembelajaran terdapat perbedaan kemahiran membaca siswa antara kelas yang menggunakan permainan Kata Berjajar dengan yang tanpa menggunakan permainan kata berjajar. Karena nilai To = 6 lebih besar dari Tt pada taraf signifikansi 1% = 2,65 dan taraf signifikansi 5% = 2.00. Ini berarti bahwa Ho ditolak dan Ha diterima. Dengan kata lain metode membaca dengan menggunakan permainan Kata Berjajar efektif untuk meningkatkan kemahiran membaca siswa MTs Al-Muttaqin Pekanbaru. Kata Kunci :Efektifitas, Metode Qira’ah, Permainan Kata Berjajar, Kemahiran Membaca