EFEKTIFITAS PEMBELAJARAN MUTHALA’AH DENGAN MENGGUNAKAN METODE SYAM’IYAH SYAFAHIYAH UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KOSA KATA BAHASA ARAB SISWA DI MADRASAH TSANAWIYAH PONDOK PESANTREN DARUL HIKMAH PEKANBARU
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas pembelajaran Muthala’ah dengan menggunakan metode Syam’iyah Syafahiyah untuk meningkatkan penguasaan kosa kata bahasa Arab siswa di Madrasah Tsanawiyah Pondok Pesantren Darul Hikmah Pekanbaru. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Apakah pembelajaran Muthala’ah dengan menggunakan metode Syam’iyah Syafahiyah efektif untuk meningkatkan penguasaan kosa kata bahasa Arab siswa di Madrasah Tsanawiyah Pondok Pesantren Darul Hikmah Pekanbaru?”. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen yang dimulai dengan merancang perencanaan, kemudian pelaksanaan, observasi dan pengujian pembelajaran. Populasi penelitian ini adalah siswa Madrasah Tsanawiyah Pondok Pesantren Darul Hikmah Pekanbaru tahun ajaran 2016-2017, dengan sampel siswa kelas 1 A1 dan 1 A2. Sedangkan subjek penelitian ini adalah siswa dan guru bidang studi Muthala’ah Madrasah Tsanawiyah Pondok Pesantren Darul Hikmah Pekanbaru. Objek penelitian ini adalah efektifitas pembelajaran Muthala’ah dengan menggunakan metode Syam’iyah Syafahiyah untuk meningkatkan penguasaan kosa kata bahasa Arab. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah observasi dan pengujian pembelajaran. Dari analisis data yang diperoleh, maka peneliti menyimpulkan bahwa pembelajaran Muthala’ah dengan menggunakan metode Syam’iyah Syafahiyah efektif untuk meningkatkan penguasaan kosa kata bahasa Arab siswa di Madrasah Tsanawiyah Pondok Pesantren Darul Hikmah Pekanbaru. Karena nilai To = 5.41 lebih besar dari Tt pada taraf signifikansi 1% = 2.68 dan taraf signifikansi 5% = 2.01 dengan status istimewa. Ini berarti bahwa Ho ditolak dan Ha diterima.