Daftar Isi:
  • Penelitian ini adalah penelitian eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui efektifitas penggunaan metode dengar-ucap dengan permainan dengar lagu untuk meningkatkan keterampilan mendengar siswa Madrasah Tsanawiyah Pondok Pesantren Islamic Centre Al-Hidayah Kampar. Rumusan permasalahan dalam penelitian ini adalah “ Apakah penggunaan metode dengar-ucap dengan permainan dengar lagu efektif untuk meningkatkan keterampilan mendengar siswi Madrasah Tsanawiyah Pondok Pesantren Islamic Centre Al-Hidayah Kampar?”. Penelitian ini dimulai dari memberikan pretest untuk mengetahui keterampilan siswa dalam mendengar, kemudian merancang langkah pembelajaran dengan metode dengar-ucap dengan permainan dengar lagu, pelaksanaan pembelajaran dengan observasi, setelah delapan kali observasi kemudian dilakukan posttest. Populasi penelitian adalah siswa Madrasah Tsanawiyah Pondok Pesantren Islamic Centre Al-Hidayah Kampar tahun ajaran 2016/2017 dengan jumlah 128 siswa. Sampel penelitian yaitu siswa kelas 2(2) dan 2(5) Madrasah Tsanawiyah Pondok Pesantren Islamic Centre Al-Hidayah Kampar. Subjek penelitian adalah siswa Madrasah Tsanawiyah Pondok Pesantren Islamic Centre Al-Hidayah Kampar. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini terdiri dari observasi dan test. Teknik analisis data yang dipergunakan untuk menganalisis data observasi adalah analisis deskriptif dengan persentase dengan rumus: