PERSEPSI SISWA TENTANG PELAKSANAAN ASAS KERAHASIAAN DALAM KONSELING INDIVIDUAL DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 4 PEKANBARU
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi siswa tentang pelaksanaan asas kerahasiaan dalam konseling individual dan faktor yang mempengaruhi persepsi siswa tentang pelaksanaan asas kerahasiaan dalam konseling individual di sekolah menengah pertama negeri 4 pekanbaru. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Subjek penelitian siswa kelas IX yang ada di SMP Negeri 4 Pekanbaru. Objek penelitian adalah persepsi siswa tentag pelaksanaan asas kerahasiaan dalam konseling individual di SMP Negeri 4 Pekanbaru. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IX yang berjumlah 310. Jumlah subjek penelitian sebanyak 75 siswa dengan teknik pengambilan sampel menggunakan proportional random sampling. Instrument yang digunakan adalah angket dan dokumentasi. Angket diberikan kepada 75 siswa untuk mengetahui persepsi siswa tentang pelaksanaan asas kerahasiaan dalam konseling individual dan faktor yang mempengaruhinya. Sedangkan dokumentasi dilakukan untuk mendapatkan data siswa, sejarah sekolah, data guru dan lain sebagainya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi siswa tentang pelaksanaan asas kerahasiaan dalam konseling individual di Sekolah Menengah Pertama Negeri 4 Pekanbaru dikategorikan positif dengan persentase 79%. Adapun faktor yang mempengaruhi persepsi siswa tentang pelaksanaan asas kerahasiaan dalam konseling individual di Sekolah Menengah Pertama Negeri 4 Pekanbaru yaitu (1) guru bimbingan konseling berperan sebagai model atau contoh yang dapat ditiru oleh siswa, (2) tidak membeda-bedakan siswa yang datang untuk berkonseling (3) Pengalaman, (4) latar belakang pendidikan guru bimbingan konseling,(5) pengetahuan siswa tentang asas kerahasiaan dalam konseling,(6) keadaan ruang konseling yang nyaman dan bebas dari suara-suara yang mengganggu.