PENGARUH KEAKTIFAN SISWA MENGIKUTI LAYANAN KONSELING KELOMPOK TERHADAP KEPERCAYAAN DIRI SISWA DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 1 KAMPAR TIMUR
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh keaktifan siswa mengikuti layanan konseling kelompok terhadap kepercayaan diri siswa di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Kampar Timur. Jenis penelitian ini korelasi. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPS 3 dan XI IPS, sedangkan objek penelitian ini adalah pengaruh keaktifan siswa mengikuti layanan konseling kelompok terhadap kepercayaan diri siswa.penelitian ini merupakan penelitian populasi. Populasinya adalah seluruh siswa kelas XI IPS 3 dan XI IPS 6 yang berjumlah 60 orang. Sampel kurang dari 100 maka sampel dijadikan populasi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket dan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan untuk menguji hipotesis dalam penelitian ini adalah menggunakan rumus linier sederhana. Berdasarkan hasil analisis terbukti bahwa ada pengaruh yang signifikan antara keaktifan siswa mengikuti layanan konseling kelompok terhadap kepercayaan diri siswa di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Kampar Timur yakni sebesar 0,415 dengan tingkat probabilitas 0,000. Hal ini diperoleh dari > pada taraf signifikan 5% dan 1%(0,250 <0,415> 0,325). Besar persentase pengaruh keaktifan siswa mengikuti layanan konseling kelompok terhadap kepercayaan diri siswa sebesar 17,2% sedangkan sisanya sebesar 82,8% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dimasukkan dalam penelitian ini .Guru BK kiranya dapat mengetahui bagaimana cara mengajak siswa untuk mengikuti layanan konseling khususnya yang dapat meningkatkan kepercayaan diri siswa. Kata Kunci: Keaktifan, konseling kelompok, kepercayaan diri.