PENGARUH PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN TUNTAS (MASTERY LEARNING) DENGAN BANTUAN ALAT PERAGA TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA MTs PEKANBARU
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan ada atau tidaknya perbedaan Kemampuan pemahaman konsep matematis siswa kelas VIII MTs di Pekanbaru antara siswa yang belajar menggunakan strategi pembelajaran tuntas (Mastery Learning) dengan siswa yang tidak menggunakan strategi pembelajaran tuntas (Mastery Learning). Jenis penelitian adalah quasy experimental design (desain eksperimen semu). Desain pada penelitian ini menggunakan Posttest only control group desain yang mana desain ini digunakan dalam penelitian untuk mengetahui pengaruh variabel-variabel independent terhadap variabel variabel dependent. Adapun untuk variabel independent ialah stretegi pembelajaran tuntas (Mastery Learning),sedangkan untuk variabel dependent ialah pemahaman konsep matematis. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII MTs Hasanah Pekanbaru. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas VIII.B sebagai kelas Eksperimen dan VIII.C sebagai kelas kontrol. Pengambilan data dalam penelitian ini menggunakan tes pemahaman konsep matematis, dokumentasi, dan wawancara. Teknik analisi yang digunakan adalah uji-t. Pengujian hipotesis menggunkan uji-t dengan taraf signifikan 5% dari data di peroleh thitung= berarti besar thitung dibandingkan ttabel atau thitung ttabel, maka Ha diterima dan Ho ditolak. Dapat diambil kesimpulan bahwa ada perbedaan pemahaman konsep matematis siswa kelas VIII MTs Hasanah Pekanbaru yang belajar dengan menggunakan strategi pembelajaran tuntas (Mastery Learning) dengan menggunakan alat peraga dengan siswa yang tidak belajar menggunakan strategi pembelajaran tuntas (Mastery Learning). Terdapat pengaruh penerapan strategi pembelajaran tuntas (Mastery Learning) dengan bantuan alat peraga terhadap pemahaman konsep matematis siswa kelas VIII MTs Hasanah Pekanbaru. Kata Kunci : Pembelajaran Tuntas, Masteri Learning, Pemahaman Konsep