THE EFFECT OF USING SCAFFOLDING READING EXPERIENCE (SRE) STRATEGY ON STUDENTS’ READING COMPREHENSION IN NARRATIVE TEXT AT VOCATIONAL HIGH SCHOOL MUHAMMADIYAH 3 TERPADU PEKANBARU
Daftar Isi:
- Berdasarkan studi pendahuluan penulis ditemukan bahwa siswa belum mampu memahami bacaan dalam buku pelajaran di sekolah. Masalah ini disebabkan oleh beberapa faktor, misalnya sebagian siswa memiliki kesulitan dalam menemuka ide pokok dari text bacaan dan memiliki kesulitan dalam menganalisa text bacaan. Jadi, penulis tertarik melakukan penelitian tentang masalah tersebut. Penelitian ini dilakukan di SMK Muhammadiya 3 Pekanbaru. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas sepuluh SMK Muhammadiyah 3 Pekanbaru, dan objek dari penelitian ini adalah Pengaruh Penggunaan Strategy Scaffolding Reading Experience terhadap pemahaman bacaan siswa dalam Narrative Text. Adapun jenis penelitiannya adalah Quasi-Experimental equivalent. Populasi dari penelitianini adalah seluruh siswa kelas sepuluh. Keseluruhan dari jumlah populasi adalah 124 siswa. Dikarenakan jumlah populasinya sangat besar, penulis menggunakan cluster sampling dengan mengambil dua kelas sebagai sampel ; X Akuntansi yang tediri dari 23 siswa sebagai kelas experimen, dan X TI 1 yang terdiri dari 23 siswa sebagai kelas kontrol. Jadi, jumlah sampel dari kedua kelas tersebut adalah 46 siswa. Untuk data analisisnya, penulis menggunakan independet sampel t-test dengan menggunakan software SPSS 17. Setelah data di analisis, penulis menyimpulkan ada pengaruh yang signifikan dari Strategi Scaffolding Reading Experience terhadap pemahaman bacaan siswa kelas sepuluh SMK Muhammadiyah 3 Pekanbaru, dimana T menunjukkan 3.135 pada level signifikan 5% adalah 2.00, dan level 1% adalah 2.69. Maka, null hypothesis (Ho) ditolak, dan alternative hypothesis (Ha) diterima, ditunjukkan dengan 2.00<3.135>2.69. Kata kunci: Pemahaman Membaca, Strategi Sacffolding Reading Experience.