Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan mengenai (1) keaktifan siswa mengikuti layanan informasi bidang bimbingan pribadi, (2) resiliensi siswa, dan (3) mengetahui hubungan keaktifan siswa mengikuti layanan informasi bidang bimbingan pribadi dengan resiliensi siswa. Tujuan tersebut didasarkan pada rendahnya resiliensi pada siswa di Sekolah Menengah Atas Negeri 2 Pekanbaru. Penelitian ini menggunkan pendekatan kuantitatif jenis deskriptif korelasional. Populasi penelitian adalah siswa Sekolah Menengah Atas Negeri 2 Pekanbaru tahun ajaran 2015/2016 sebanyak 578 siswa dan sampel sebanyak 85 siswa yang dipilih dengan teknik propotional stratified random sampling. Instrumen yang digunakan yaitu angket dan dokumentasi. Angket yang digunakan adalah angket tertutup dengan skala Likert. Hasil uji reabilitas keatifan mengikuti layanan infomasi (variabel X) 0,72 dan resiliensi siswa (variabel Y) 0,80. Data dianalisis dengan statistik deskriptif, korelasi, dan regresi. Temuan penelitian memperlihatkan bahwa (1) keaktifan siswa mengikuti layanan informasi bidang bimbingan pribadi berada pada kategori tinggi (60%), (2) resiliensi siswa berada pada kategori sedang (60%), dan (3) adanya hubungan yang positif dan signifikan antara variabel X dan Y sebesar 0,485. Kata Kunci: Keaktifan Mengikuti Layanan Informasi Bidang Bimbingan Pribadi, dan Resiliensi.