PENERAPAN STRATEGI SALING MENGAJARI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DI KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 007 SIBIRUANG KECAMATAN KOTO KAMPAR HULU KABUPATEN KAMPAR
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan dengan Penerapan Strategi Saling Mengajari di Kelas V Sekolah Dasar Negeri 007 Sibiruang. Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di kelas V Sekolah Dasar Negeri 007 Sibiruang yang tidak mencapai KKM yang telah ditentkan dari sekolah yaitu 70. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri 007 Sibiruang. Sedangkan objek dalam penelitian ini adalah Penerapan Strategi Saling Mengajari untuk meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran Pendidian Kewarganegaraan. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus, setiap seklus 2 kali pertemuan, pengambilan data pada penilitian ini dengan teknik observasi, tes, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa Strategi Saling Mengajari dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di kelas V Sekolah Dasar Negeri 007 Sibiruang Kecamatan Koto Kampar Hulu Kabupaten Kampar. Hal ini dapat diketahui bahwa sebelum tindakan diperoleh hasil belajar siswa secara klasikal 42,85% . Sedangkan setelah dilakuka tindakan, hasil belajar pada siklus I yaitu 66,67%. Pada siklus II meningkat menjadi 85,71%. Kata kunci : Strategi saling mengajari, hasil belajar