PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TWO STAY TWO STRAY DENGAN MEDIA CROSSWORD PUZZLE TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 5 PEKANBARU
Daftar Isi:
- Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang dilatarbelakangi oleh hasil belajar siswa Sekolah Menengah Atas Negeri 5 Pekanbaru yang masih rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Two Stay Two Stray dengan Media Crossword Puzzle terhadap Hasil Belajar Kimia pokok bahasan Hidrokarbon. Teknik pengambilan sampel yang digunakan pada penelitian ini adalah simple random sampling, sampel diambil 2 kelas yaitu kelas X8 sebagai kelas eksperimen yang diterapkan Model Pembelajaran Kooperatif Two Stay Two Stray dengan Media Crossword Puzzle dan kelas X2 sebagai kelas kontrol dengan metode ceramah. Hasil pengolahan data diperoleh nilai thitung = 3,32 sedangkan ttabel = 2,00 dan menunjukkan thitung > ttabel, sehingga H0 ditolak dan Ha diterima. Berdasarkan hasil analisis data, dapat disimpulkan bahwa terdapat Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Two Stay Two Stray dengan Media Crossword Puzzle terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Menengah Atas Negeri 5 Pekanbaru dengan Koefisien Pengaruh sebesar 12,38 %. Kata kunci : Two Stay Two Stray, Crossword Puzzle, Hasil Belajar