PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEKNIK THE LEARNING CELL TERHADAP HASIL BELAJAR KIMIA SISWA DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 1 KAMPAR TIMUR
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar kimia siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif teknik the learning cell terhadap hasil belajar kimia siswa pada pokok bahasan hidrokarbon kelas X di SMAN 1 Kampar Timur. Penelitian ini merupakan penelitian quasy eksperimen yang dilakukan di SMAN 1 Kampar Timur. Desain penelitian ini yaitu quasy experimental dengan tipe pretest postest control group design. Model pembelajaran kooperatif teknik the learning cell sebagai variabel bebas sedangkan hasil belajar merupakan variabel terikat. Sampel terdiri dari dua kelas yang diperoleh dengan teknik cluster random sampling. Kelas X3 sebagai kelas eksperimen dan kelas X2 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah dengan melakukan uji homogenitas sebagai data awal, pretest dan postest sebagai data akhir dan dokumentasi. Hasil analisis menunjukkan nilai rata-rata kelas eksperimen adalah 82.67 sedangkan pada kelas kontrol nilai rata-rata adalah 73.94. Hasil pengujian hipotesis dengan menggunakan uji-t, diperoleh thitung (3,02) > ttabel (2,00) yang berarti hipotesis Ha diterima, artinya terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif teknik the learning cell terhadap hasil belajar kimia siswa kelas X SMAN 1 Kampar Timur dengan koefisien pengaruh sebesar 13%. Kata kunci : Model Pembelajaran Kooperatif Teknik The Learning Cell, Hasil Belajar, Hidrokarbon.